TNI  

Babinsa Patroli Karhutla: Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

BARABAI – Babinsa, atau Bintara Pembina Desa, menjadi sosok kunci dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa. Salah satu peran penting mereka adalah dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pada Sabtu (29/06/2024), Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara, dipimpin oleh Pelda Norhadi.S, bersama 5 anggota lainnya, melaksanakan patroli karhutla di desa Pamangkih Seberang, Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pelda Norhadi.S menjelaskan bahwa tujuan dari patroli ini adalah untuk mencegah potensi kebakaran hutan dan lahan. Mereka fokus melakukan patroli di area-area yang rentan terhadap karhutla, seperti lahan gambut, hutan lindung, dan perkebunan. Langkah ini bertujuan untuk mendeteksi dini kemungkinan kebakaran dan segera mengambil tindakan pencegahan.

Selain melakukan patroli, Babinsa juga aktif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang konsekuensi negatif dari karhutla, seperti kerusakan lingkungan, kabut asap, dan dampak buruk bagi kesehatan. Mereka memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara-cara untuk mencegah karhutla, termasuk larangan membakar lahan untuk membuka lahan baru dan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Pelda Norhadi.S menambahkan, “Kami juga membangun kerjasama yang erat dengan berbagai pihak terkait dalam upaya pencegahan karhutla. Kolaborasi kami melibatkan Manggala Agni, aparat kepolisian, dan pemerintah desa untuk menghadirkan pendekatan yang terpadu dalam mengatasi masalah ini.”

Upaya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara ini merupakan bagian dari komitmen mereka untuk menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi masyarakat dari ancaman kebakaran hutan dan lahan.

(Pen1002hst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *