Bongkar Sawit Ancam Ekosistem Mangrove, Masyarakat Desa Kamewangi Terlibat

Tolbar – Rabu, 7 Juli 2024. Beberapa sumber yang tidak ingin disebutkan namanya kepada media ini mengungkapkan kekhawatiran terkait kegiatan pembongkaran lahan yang dilakukan oleh salah satu warga Desa Kamewangi dengan inisial DT untuk keperluan kebun sawit, atas dasar kepemilikan oleh seorang pengusaha di Banggai. Pihak yang memberikan informasi ini berharap agar aparat penegak hukum segera melakukan pemeriksaan untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Lokasi pembongkaran terletak di Desa Pandan Wangi, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, berdekatan dengan kawasan budidaya dan wisata mangrove. Hal ini mengundang kekhawatiran akan ancaman terhadap ekosistem mangrove yang rentan terhadap penurunan populasi.

Kepala Desa Pandan Wangi sebelumnya telah memperingatkan secara lisan kepada individu yang terlibat untuk menghentikan aktivitas mereka di area tersebut, namun peringatan ini diabaikan.

Salah satu perwakilan dari pemilik lahan yang telah ditanami sawit mengonfirmasi bahwa mereka akan menyampaikan masalah ini kepada pemilik lahan.

Media ini belum berhasil mengonfirmasi dengan pihak terkait terkait peristiwa ini. Langkah-langkah selanjutnya diharapkan segera diambil oleh aparat penegak hukum untuk mencegah kerusakan lebih lanjut terhadap ekosistem mangrove yang ada di Kecamatan Toili Barat.

(Tim Liputan Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *