Kolaborasi TNI-Polri dan Rutan Barabai Gelar Razia Narkoba P4GN

**Barabai –** Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Barabai kembali memperkuat komitmennya dalam pemberantasan narkoba dengan menggelar razia gabungan serta tes urine kepada petugas dan warga binaan pada Selasa (17/09). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan rutan.

 

Razia gabungan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan, Komando Distrik Militer (Kodim) 1002/Hulu Sungai Tengah (HST), dan Kepolisian Resor (Polres) Hulu Sungai Tengah. Kolaborasi ini bertujuan memastikan Rutan Kelas IIB Barabai bebas dari narkoba di kalangan petugas dan warga binaan.

 

Kepala Rutan Barabai, I Komang Suparta, memimpin apel gabungan sebelum memulai penggeledahan. Dalam sambutannya, Suparta menekankan pentingnya pelaksanaan razia dengan pendekatan humanis. Petugas melakukan penggeledahan menyeluruh, mulai dari pemeriksaan badan hingga seluruh area kamar hunian untuk mencari barang-barang terlarang.

 

Dalam konferensi pers, Suparta mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah preventif dan dukungan terhadap arahan Plt. Dirjenpas serta instruksi Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Jumadi. “Kita harus memastikan lingkungan Rutan benar-benar bersih dari narkoba, baik dari sisi petugas maupun warga binaan. Ini adalah tanggung jawab bersama demi terciptanya keamanan dan ketertiban di dalam rutan,” tegas Suparta.

 

Meskipun hasil razia tidak menemukan narkoba maupun handphone, terdapat beberapa barang terlarang yang ditemukan di kamar hunian, antara lain:

1. Tali temali: 4

2. Batu: 1

3. Amplas: 3

4. Silet: 8

5. Jarum jahit: 1

6. Baut mur: 4

7. Besi obat nyamuk: 6

8. Botol kaca parfum: 13

9. Pincet: 2

10. Pemotong kuku: 1

11. Lem kertas: 3

12. Besi panggangan: 1

13. Pipa paralon: 2

14. Alat cukur jenggot: 14

15. Korek gas: 28

16. Batang sikat gigi: 1

17. Alat linting rokok: 1 set

 

Selain razia, dilakukan juga tes urine kepada petugas dan warga binaan sebagai langkah deteksi dini penyalahgunaan narkoba. Hasil tes dan razia ini akan menjadi bahan evaluasi bagi Rutan Kelas IIB Barabai dalam memperkuat pencegahan narkoba.

 

Rutan Kelas IIB Barabai berkomitmen untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan lingkungan bebas narkoba serta mendukung penuh program P4GN di tingkat nasional.

 

Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han melalui Pasiopsdim 1002/HST Letda Info Riyanto menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Kodim 1002/HST sangat mendukung kegiatan Rutan Kelas II Barabai dalam pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan rutan,” pungkasnya.

 

(pen1002hst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *