TNI  

Babinsa Kodim HST Pantau Wilayah Binaan Melalui Komsos

Hulu Sungai Tengah – Meskipun hari libur, Babinsa Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah tetap melaksanakan tugas pokok mereka dengan melakukan pembinaan wilayah melalui komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan.

Koptu Hermawan, Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara, mengadakan komunikasi sosial dengan Bapak Hermansyah di Desa Mantaas, Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada Sabtu (22/06/2024).

Saat dikonfirmasi oleh Tim Pendim 1002/HST melalui saluran seluler, Koptu Hermawan menyampaikan bahwa kegiatan Komsos ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dengan warga binaannya. “Komsos ini sekaligus untuk mengetahui kondisi dan perkembangan di tengah masyarakat sehingga tercipta kondisi keamanan yang kondusif,” katanya.

Melalui kegiatan Komsos, terjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan, menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk, serta memperlancar tugas keseharian sebagai Babinsa di wilayahnya. “Dengan Komsos, kami dapat mengetahui perkembangan situasi di desa binaan dan melakukan upaya deteksi dini serta cegah dini. Sehingga, apabila ada hal-hal negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Babinsa Koramil 1002-01/Batang Alai Selatan, Sertu Rahmad Jubair, melaksanakan komunikasi sosial di Desa Atiran, Kecamatan Batang Alai Timur yang merupakan wilayah pegunungan Meratus. Sementara itu, Koptu Erli. S melakukan komunikasi sosial dengan warga binaan di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Terkait kegiatan para Babinsa, Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa S.Hub.Int., M.Han melalui Perwira Seksi Teritorial Kodim 1002/HST Kapten Inf Subhan menyatakan bahwa Komsos yang dilakukan oleh Babinsa Jajaran Kodim 1002/HST merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang sangat baik dalam rangka mendukung tugas pokok satuan.

“Dengan komunikasi sosial, Babinsa dapat langsung berinteraksi dengan warga binaan dan secara nyata mengetahui kondisi wilayah binaan. Sehingga, sekecil apapun permasalahan yang ada di wilayah binaan dapat terpantau oleh Babinsa,” pungkasnya.

Penulis: Pendim 1002/HST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *