TNI  

Babinsa Koramil 1002-06/Barabai Lakukan Ujicoba Pompa Air 3 Inchi untuk Optimasi Lahan Pertanian

**BARABAI** – Dalam rangka mendukung target pemerintah untuk mensukseskan program swasembada pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1002-06/Barabai, Kopka Samsuhadi, melaksanakan ujicoba pompa air 3 inchi bantuan dari Kementerian Pertanian RI. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Optimasi Lahan dan Pompanisasi Lahan Pertanian bersama Kelompok Tani Bina Karya di Desa Ayuang, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pada Minggu (07/07/2024).

Pendampingan dilakukan bersama petugas penyuluh pertanian Kecamatan Barabai yang turut serta membantu Kelompok Tani Bina Karya dalam pengairan lahan persawahan melalui pompanisasi. Program ini bertujuan untuk mendistribusikan air dari sumber air ke lahan sawah menggunakan pipa atau selang.

Pemerintah, melalui Kementerian Pertanian, telah bersinergi dengan TNI AD untuk mendistribusikan bantuan berupa mesin pompa air kepada petani. “Program ini merupakan langkah strategis yang diambil pemerintah dalam meningkatkan ketersediaan air untuk pertanian dan mendukung produktivitas sawah guna mencapai ketahanan pangan,” ujar Kopka Samsuhadi.

Danramil 1002-06/Barabai, Kapten Inf Subhan, menyatakan bahwa pendampingan ini merupakan bentuk komitmen TNI melalui Babinsa dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. “Pendampingan juga dilakukan untuk memastikan pompanisasi berjalan lancar tanpa kendala,” tambahnya.

“TNI selalu siap membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian. Salah satu bentuk bantuannya adalah dengan terjun langsung ke lokasi pompanisasi serta melakukan pendampingan kepada petani di desa binaan,” pungkasnya.

(pen1002hst).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *