Kadistan Tuban Sampaikan Paparan kepada Pasis Seskoad 2024

Tuban, 2 Juli 2024 – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Tuban, Eko Julianto, S.STP, MM, memberikan paparan kepada seluruh pasis Kodim Tuban mengenai visi, misi, dan tujuan dinas yang dipimpinnya. Dalam paparannya, Eko Julianto menjelaskan arah pembangunan Kabupaten Tuban yang sejalan dengan visi “Membangun serta Mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing, dan Berbasis Lingkungan.”

Visi dan Misi

Visi ini didukung oleh beberapa misi, antara lain:
1. Membangun dan mewujudkan infrastruktur desa dan utilitas kota yang terpadu, partisipatif, efektif, berwawasan lingkungan, serta selaras dengan pertumbuhan dan pemerataan sosial, ekonomi, dan budaya. Pembangunan ini bertumpu pada nilai-nilai agama, budaya, dan kearifan lokal.
2. Meningkatkan pengelolaan dan nilai tambah sektor pertanian (pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan), pariwisata, perindustrian, dan perdagangan yang berbasis pemberdayaan dan ekonomi kerakyatan. Tujuannya adalah menciptakan kesempatan berusaha seluas-luasnya serta membangun dan memantapkan sinergitas daya saing usaha ekonomi lokal dan pengembangan ekonomi kreatif.
3. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan terlatih.
4. Memantapkan tata kelola pemerintah daerah yang baik, profesional, transparan, akuntabel, serta memiliki sistem pengawasan yang efektif.

Tujuan dan Sasaran

Eko Julianto juga memaparkan tujuan dan sasaran Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Tuban:
– Tujuan 1: Meningkatkan produktivitas dan nilai tambah sektor pertanian.
– Tujuan 2: Menjamin ketersediaan pangan sebagai kebutuhan dasar ekonomi pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan.

Indikator dan Sasaran

Indikator yang digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan tersebut meliputi:
– Indeks Ketahanan Pangan
– PDRB sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan
– Skor Pola Pangan Harapan
– Produktivitas pertanian per hektar per tahun (padi)
– Jumlah produksi unggulan pertanian
– Jumlah populasi ternak
– Jumlah total produksi perikanan
– Nilai tambah produk perikanan

Profil Pertanian Kabupaten Tuban

Kabupaten Tuban memiliki luas wilayah administrasi sebesar 183.994 hektare, dengan 159.779 hektare atau 86,84% berupa lahan pertanian. Lahan tersebut terdiri dari 66.910 hektare lahan persawahan dan 92.869 hektare lahan pertanian bukan persawahan. Pada tahun 2023, produksi jagung Kabupaten Tuban menempati posisi pertama tertinggi di Jawa Timur, produksi padi tertinggi nomor lima se-Jawa Timur, dan populasi sapi tertinggi nomor dua se-Jawa Timur.

Paparan ini menunjukkan komitmen Eko Julianto dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Tuban untuk terus meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian, perikanan, dan peternakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *