Polri Presisi Untuk Negeri, Kapolres Sorong Pimpin Upacara Hut Bhayangkara Ke-78

Kabupaten Sorong PBD – Kapolres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru, SH, S.Ik, MH Pimpin upacara dan syukuran dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78 dengan mengangkat tema “POLRI PRESISI UNTUK NEGERI” Mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan Menuju Indonesia Emas. Upacara HUT Bhayangkara ke-78 dilaksanakan di Alun-alun Aimas, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Senin (01/07/2024).

Bertindak sebagai komandan upacara Ipda Wahyu Wirak dan selaku inspektur upacara Pada perayaan Hari Bhayangkara Ke-78 AKBP Yohanes Agustiandaru, SH, S.IK, MH (Kapolres Kabupaten Sorong) dan diikuti oleh seluruh jajaran TNI-Polri dan forkopimda yang berada di wilayah Kabupaten Sorong provinsi Papua Barat arat Daya.

Mengawali Sambutan nya dalam amanat Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit yang dibacakan oleh Kapolres Sorong, bahwa mendekati Pilkada pada bulan November 2024, Polri harus bersikap netral sekaligus menciptakan suasana yang kondusif, tertib dan aman bagi masyarakat serta tetap mengedepankan semboyan “Presisi” dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari.

Upacara peringatan hari bhayangkara ke- 78 tepatnya pada tanggal 1 juli 2024, Polri memperingati hari bhayangkara ke-78. Dengan kurun waktu yang panjang dan tidaklah mudah untuk dilalui, terutama dengan dinamika yang telah dialami dan mewarnai sejarah perjalanan Polri. Sehingga dengan di terbitkannya penetapan pemerintah nomor 11 tahun 1946, Maka melalui penempatan tersebut, maka kepolisian negara yang semula berada dalam lingkungan kementerian dalam negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah perdana menteri atau presiden, selaku kepala pemerintahan, sehingga peristiwa yang terjadi pada tanggal 1 juli 1946 tersebut, juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional,” ucap Kapolres saat membacakan amanat kapolri”.

“Pengalaman sejarah ini tentunya telah mematangkan semangat pengabdian Polri khususnya Polda Papua Barat, untuk dapat mendukung kebutuhan institusi dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi saat ini, seperti isu strategis keamanan dalam negeri yang mencakup pengamanan keberlanjutan program pembangunan nasional dalam melewati masa pandemi, dalam pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum yang transparan dan berkeadilan.

Untuk itu melalui peringatan hari bhayangkara tahun 2024 ini, dengan tema “Polri presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju indonesia emas”. Sehingga dengan tema HUT Polri ini Bermakna Menunjukkan Gerak Dinamis dan Progresif”. Selain itu, melalui tema ini dicerminkan semangat polri yang terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Para peserta apel dan hadirin sekalian yang saya hormati. Kami menyadari bahwa dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian sampai dengan saat ini. Polri masih belum sempurna dan tidak luput dari berbagai kekurangan sehingga belum mampu memenuhi semua ekspektasi masyarakat. Untuk itu, melalui kesempatan yang baik ini kami memohon maaf dan berlapang dada menerima berbagai masukan, kritik dan saran yang membangun dari seluruh lapisan masyarakat guna perbaikan Polri pada umumnya dan Polda Papua Barat serta jajaran pada khususnya.

Selama pengabdian Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tentunya tidak terlepas dari bantuan, dukungan serta kerjasama seluruh lapisan masyarakat, untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada, Forkopimda Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Barat Daya, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung Polri menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, dan mari kita saling bekerja sama dalam menghadapi pilkada 2024 ini, agar dapat menjadi bukti bahwa masyarakat Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya telah kian cerdas dalam berpolitik, sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita sebagai bangsa indonesia.

Saya mengingatkan kepada seluruh Personel Polri jajaran Polda Papua Barat dan Papua Barat Daya agar selalu meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri, menjaga kode etik profesi, serta bangun komunikasi yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat, maupun seluruh sekolder Sehingga kita mampu menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, transparansi responsibilitas dan berkeadilan (presisi) sehingga dapat menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

Untuk itu, marilah kita bersama-sama berdoa kehadirat Tuhan yang maha kuasa, semoga jajaran polri di seluruh indonesia dan kita semua, senantiasa mendapatkan limpahan rahmat, kekuatan, bimbingan dan petunjuk-nya dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai ini.

“Dirgahayu kepolisan negara republik indonesia ke-78. terus tegak menjadi rastra sewakotama, abdi utama nusa dan bangsa,”Demikian sambutan Kapolri yang di bacakan Kapolres kabupaten Sorong pada kesempatan ini, semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan petunjuk dan menjadi rastra sewakotama, abdi utama nusa dan bangsa”

“Demikian sambutanya pada kesempatan ini, semoga Tuhan yang maha esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara”.

Selanjutnya di akhir sambutan Kapolres kabupaten Sorong mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara ke-78 untuk seluruh peserta upacara dan seluruh polri di Indonesia.

“Semoga TNI-Polri semakin solid dan tetap bersinergi dalam melayani serta selalu menjaga ketertiban dan keamanan khususnya di wilayah Papua Barat Daya,” ucapnya.

(Timo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *