TNI  

Dandim 1505/Tidore Pimpin Upacara Bendera 17-an, Bacakan Amanat Pangdam XV/Pattimura

Tidore | Senin, 19 Juni 2024 – Komandan Kodim (Dandim) 1505/Tidore, Letkol Kav. Calter Purba, ST, memimpin upacara bendera 17-an yang rutin dilaksanakan setiap bulan di Lapangan Upacara Makodim 1505/Tidore. Upacara ini diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kodim 1505/Tidore.

Dalam upacara tersebut, Letkol Kav. Calter Purba membacakan amanat Pangdam XV/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, PSC., M. Tr. (Han). Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan beberapa perhatian penting yang harus dijadikan pedoman dan dilaksanakan oleh seluruh prajurit Kodam XV/Pattimura.

Mayjen TNI Syafrial menekankan pentingnya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral kehidupan prajurit. Beliau juga mengingatkan para prajurit untuk memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI dalam setiap pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari.

Pangdam XV/Pattimura juga mengingatkan agar prajurit menghindari pelanggaran sekecil apapun seperti miras, judi online, asusila, dan narkoba. “Jaga kesehatan, pelihara kesiapan fisik, dan pertajam naluri serta kemampuan tempur kalian,” ujarnya.

Selain itu, Pangdam menekankan pentingnya meningkatkan kesiapan dan kesiap-siagaan satuan dalam menghadapi dinamika perkembangan situasi di wilayah. Beliau juga menegaskan pentingnya memperkokoh solidaritas antar satuan dan memperkuat sinergitas TNI/Polri serta elemen pemerintah dan lembaga lainnya.

Dalam amanatnya, Pangdam juga menginstruksikan para prajurit untuk melakukan pembinaan teritorial secara maksimal melalui kegiatan nyata yang membawa nilai positif serta bermanfaat bagi masyarakat. Beliau menekankan bahwa TNI harus menjaga netralitas dalam tugasnya, khususnya dalam mengamankan dan menjamin suksesnya pesta demokrasi.

Upacara ini merupakan wujud nyata komitmen TNI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh dedikasi serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika sebagai prajurit.

Dengan demikian, diharapkan seluruh prajurit Kodam XV/Pattimura dapat menjadikan amanat Pangdam sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

**(TNI AD, Penerangan Kodim 1505/Tidore | Andre)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *