TNI  

Kodim HST Gelar Komsos dengan Komponen Masyarakat

**BARABAI** – Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat di Aula Sapta Marga, Jalan Telaga Padawangan, Kelurahan Barabai Timur, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kamis (13/06/2024).

Acara Komsos ini dibuka langsung oleh Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa, S.Hub.Int., M.Han., dengan tema “Bersama Merawat Kebhinnekaan, Mencegah Intoleran”. Dalam sambutannya, Letkol Fery menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara prajurit TNI AD dengan masyarakat, guna menciptakan hubungan yang harmonis. “Kita ingin memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pertahanan negara, demi terwujudnya NKRI yang berdaulat dan sejahtera,” ujarnya.

Letkol Fery juga menekankan pentingnya keberagaman Indonesia, baik dari suku, bahasa, etnis, agama, maupun budaya, yang tercermin dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. “Keberagaman ini adalah modal kuat untuk membangun bangsa yang kokoh dan mandiri. Namun, jika tidak diakomodasi dengan baik, keberagaman ini bisa menjadi ancaman bagi keutuhan bangsa, seperti konflik yang ditimbulkan oleh SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan),” jelasnya.

Kegiatan Komsos ini juga diisi dengan pembekalan mengenai Pokok-pokok Kebijakan Kasad Bidang Teritorial Tahun 2024 oleh Dandim 1002/HST, pemahaman tentang kebhinekaan dalam menjaga keutuhan NKRI oleh Danramil 1002-8/Lau Kapten Inf Rudi Hartono, dan implementasi nilai Pancasila dalam menangani intoleransi di Indonesia oleh Pasiterdim 1002/HST Kapten Inf Subhan.

Acara ini diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta mencegah berbagai bentuk intoleransi di masyarakat. (pen1002hst).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *